Ini Bedanya Antara Iklan BillBoard dan Iklan Display

Jogja Huruf Timbul – Sebagian orang menggunakan contoh iklan display sebagai referensi untuk mempromosikan produk ataupun bisnis. Sampai sekarang, iklan apapun bentuknya masih dianggap sebagai sarana yang cukup efektif untuk mengenalkan barang, jasa, maupun jenis bisnis lainnya pada khalayak luas.

Perkembangan jenis iklan yang bervariasi semakin memudahkan untuk melakukan kegiatan promosi, mulai dari iklan berukuran kecil seperti iklan display hingga berukuran besar seperti iklan billboard misalnya. Keduanya pun tetap eksis di tengah gencarnya promosi iklan secara online. Selain dari ukuran, apakah ada perbedaan yang lain dari kedua jenis iklan tersebut? Agar lebih jelas, simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Iklan Billboard

Satu hal yang membedakan antara iklan billboard dan iklan display ialah ukurannya, dan hal tersebut cukup mencolok. Karena ukurannya itulah yang kerap membuat banyak yang tertarik untuk melihat dan mengamatinya. Umumnya, salah satu jenis iklan outdoor ini memang kerap ditempatkan di beberapa lokasi yang cukup strategis. Misalnya saja seperti pusat keramaian kota hingga tepi jalan raya ataupun tol. 

Berbeda dengan iklan display yang umumnya dibuat dari bahan kertas, umumnya bahan penyusun yang digunakan untuk menampilkan iklan billboard cenderung lebih kompleks. Mulai dari logam, kayu, plastik, kain, kaca, sampai fiberglass. Uniknya lagi, di jaman yang modern seperti saat ini, Anda bisa memanfaatkan billboard digital dan mobile sebagai media untuk promosi.

Dalam prosesnya, iklan billboard juga memerlukan waktu pembuatan yang lebih lama dan menguras budget lebih banyak. Secara alami, iklan outdoor lebih sering digunakan secara kolektif. Misalnya seperti perusahaan atau partai besar. Dibandingkan dengan iklan display, keuntungan dari billboard ada pada kontennya yang lebih padat, baik foto maupun gambar. Tentunya pesan yang disampaikan juga jadi lebih sedikit, terlebih jika iklan billboard di pasang di pinggir jalan raya. 

Baca juga: Cara Mudah Merawat Huruf Timbul Agar Tetap Kinclong

Iklan Display

Iklan display termasuk jenis iklan yang sudah sejak lama digunakan untuk mempromosikan berbagai macam hal. Sebab, iklan yang satu ini menjadi satu dari 3 jenis media untuk promosi cukup efektif selain iklan baris yang banyak pasang di media cetak. Pesan yang hendak disampaikan pun bisa berbagai hal, mulai dari informasi lowongan pekerjaan, properti, pengumuman, seminar, hingga berita belasungkawa. 

Tetapi tampilan iklan jauh lebih visual sebab menggunakan berbagai konten tambahan pendukung seperti gambar maupun foto. Penetapan tarif untuk iklan dihitung berdasarkan spasi, baris maupun kolom yang digunakan untuk menyampaikan iklan yang diinginkan. 

Jika budget yang Anda miliki cukup besar serta butuh media promosi yang lebih maksimal, iklan display merupakan media promosi yang wajib dipertimbangkan. Agar dapat menarik perhatian target audiens, Anda bisa memilih gambar ataupun foto yang menarik dengan deskripsi yang singkat padat dan tepat sasaran. 

Nah, demikian tadi beberapa perbedaan antara iklan billboard dan iklan display yang sama-sama digunakan sebagai media promosi. Sama-sama mengandalkan tampilan visual, kedua jenis iklan tersebut cukup berbeda secara ukuran dan proses pembuatannya, selain itu target audiens pun juga berbeda. Meski demikian keduanya merupakan media promosi yang cukup efektif untuk mendukung kegiatan bisnis maupun penyampaian informasi.