Masih Bingung dengan Jenis-jenis Reklame?

Sebagai media periklanan untuk luar ruangan, reklame memiliki jenis-jenis yang berbeda sesuai dengan lokasi pemasangan  hingga media yang digunakan. Namun, memiliki tujuan yang sama yakni sebagai media untuk penyampaian informasi kepada khalayak ramai secara langsung. Berikut jenis-jenis reklame yang perlu diketahui.

Jenis Reklame Sesuai Tujuan Pengadaan 

1. Non-komersial

Reklame jenis ini merupakan reklame yang digunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat sosial, kepada masyarakat luas agar mengerti dan memahami informasi yang disampaikan sehingga bersedia menjalankannya. Reklame tersebut biasanya dibuat oleh dari pemerintah baik daerah maupun pusat.

Baca juga: Huruf Timbul, Pengertian dan Jenis-jenisnya

2. Komersial

Reklame jenis ini merupakan media iklan yang dipergunakan untuk mendukung kepentingan bisnis dan bertujuan untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya. Umumnya, pengiklan datang dari individu, perusahaan maupun bahan usaha milik pemerintah.

Jenis Reklame Sesuai sifatnya 

1. Reklame Ajakan

Reklame jenis ini umumnya digunakan untuk memberikan peringatan kepada masyarakat secara luas. Hal tersebut terkait dengan kewajiban lembaga pemerintah dalam mensosialisasikan programnya.

2. Reklame Permintaan

Reklame jenis ini biasanya memiliki pesan ajakan untuk mengajak warga atau masyarakat secara luas agar bersedia melakukan apa yang disampaikan. Reklame permintaan biasanya datang dari berbagai pihak, baik pemerintah, lembaga masyarakat, dan juga swasta.

3. Reklame penerangan

Jenis reklame ini memiliki visual yang lebih informatif yang dimaksudkan untuk menyampaikan informasi pada masyarakat. Umumnya sering digunakan pemerintah untuk mensosialisasikan program-program yang sudah dikembangkan.

Baca juga: Perawatan Huruf Timbul Acrylic Agar Tampak Seperti Baru

Jenis Reklame Sesuai Lokasi Pemasangan

1. Reklame Outdoor

Reklame jenis ini merupakan reklame yang dipasang di luar ruangan atau luar gedung. Memiliki bentuk yang cenderung lebih bebas daripada bentuk reklame indoor. Jenis reklame seperti papan nama, billboard, spanduk, pamflet hingga LED.

2. Reklame Indoor

Reklame jenis ini biasanya dipasang di dalam sebuah ruangan dan biasanya memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Selain itu, bahan yang digunakan bisa lebih disesuaikan dengan budget dan tak perlu yang tahan air dan panas. Seperti reklame yang dipasang di outlet, supermarket, gedung bioskop, dan sebagainya.

Jenis Reklame Sesuai Media yang Digunakan

1. Reklame audio

Reklame ini biasanya menggunakan media suara maupun kode dengan bunyi-bunyi tertentu, baik yang dihasilkan menggunakan alat ataupun vokal. Misalnya saja, iklan yang ditayangkan melalui media radio.  

2. Reklame visual

Reklame jenis ini umumnya menggunakan objek yang bisa dilihat secara visual, baik visual gambar tidak bergerak maupun bergerak. Seperti misalnya video dan lain sebagainya.

3. Reklame audio visual

Menggunakan media gabungan dari audio dan visual. Contohnya pada bentuk reklame yang ditayangkan di televisi, slide atau video klip. Penyampaian reklame ini dianggap paling berhasil karena menarik dan lebih mudah dipahami.

Demikian tadi informasi tentang jenis-jenis reklame yang ada di sekitar kita. Sebagai media periklanan reklame sangat penting dalam menunjang kegiatan pemasaran. Dengan mengetahui jenis-jenisnya, kita akan bisa mengetahui mana yang sesuai dengan kebutuhan saat ini.

Tertarik ingin membuat huruf timbul dan neon box yang keren dan menarik untuk usaha anda? hubungi kami dan konsultasikan huruf timbul usaha anda melalui Kontak Jogja Huruf Timbul.

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah CTA-whatsapp.png
Hubungi kami melalui Whatsapp langsung dari Handphone Anda